Selasa, 24 Maret 2015

Otak Kanan Dan Otak Kiri


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah Hirrahman Nirrahim, Assalamualaikum Sobat Ast. Sobat masih ingat? Bahwa fungsi otak kanan kita menggerakan bagian tubuh sebelah kiri, dan fungsi otak kiri kita menggerakan bagian tubuh sebelah kanan. Harus diingat tuh Sob jangan sampai Sobat kebalik plus berdebat karena masalah fungsi otak. Omong-omong tentang otak, posting ini kita akan membahas masalah fungsi otak kanan dan otak kiri.

Perbedaan fungsi otak ditemukan dari hasil penelitian Roger Sperry dan popular pada tahun 1960's. Perbedaan fungsi otak akan membawa perbedaan sifat, karakter dan kemampuan seseorang. 

Cerebrum atau otak besar, merupakan bagian terbesar dari otak manusia. Bagian ini memproses semua kegiatan intelektual seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.

Kalian tahu Sobatku, cerebrum dibagi menjadi dua, yaitu cerebrum bagian kiri dan cerebrum bagian kanan.

Cerebrum kiri atau yang kita sebut otak kiri, berfungsi dalam hal-hal berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca seseorang. Bahkan pusat matematika dan para pakar otak mengatakan bahwa otak kiri adalah pusat Intelligence Quotient yang banyak orang sebut ini IQ (bacanya: ai qiyu).

Sedangkan cerebrum kanan atau yang kitas sebut otak kanan, berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Seperti sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.


Tetapi Sobatku, kenyataanya kebanyakan manusia lebih dominan dalam menggunakan otak kiri mereka, karena faktor pendidikan individu masing-masing manusia yang lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri ketimbang otak kanan. 

Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya bisa jadi adalah orang yang pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.

Bagaimana Sobat? Semoga menambah wawasan dan pengetahuan Sobat Ast sekalian. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat siang, saya Aditya Von Herman semoga hari Anda menyenangkan... Bis bald...

Written By : Aditya Von Herman
Sources : terapimusik.com, majordifferences.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Che Guevara (Ernesto Rafael Guevara de la Serna)

Che Guevara (thechestore.com) ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM , Bismillah Hirrahman Nirrahim. Dia dikenal dengan sosok yang revolusioner, berani ...